PKK Kabupaten Lumajang

25 November 2019   356 kali  
TP PKK KABUPATEN LUMAJANG SAMBANGI KORBAN KEBAKARAN
TP PKK KABUPATEN LUMAJANG SAMBANGI KORBAN KEBAKARAN

Humas dan Protokol Pemkab Lumajang, 25 November 2019 -- Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarina Thoriq menyambangi korban kebakaran di Perumahan Biting, Desa Kutorenon, Senin (25/11/2019). Kedatanganya tersebut bersama Dinas Sosial Kabupaten Lumajang dan Badan BAZNAS Kabupaten Lumajang.

 

Ning Farin, sapaan akrab Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa instansi untuk membantu korban kebakaran.

"Kami sudah melakukan koordinasi juga dengan BPBD Kabupaten Lumajang, ini sekarang ini juga ada Dinas Sosial dan Baznas juga," ujarnya.

 

Ning Farin mengimbau kepada masyarakat jika terjadi pemadaman listik, mengingat cuaca saat ini cukup ekstrim hujan disertai angin kencang untuk antisipasi dengan menggunakan lampu baterai, jika terpaksa menggunakan lilin maka alas lilin harus dari bahan yang tidak mudah terbakar.

 

Ditemui ditempat yang sama, Ketua BAZNAS Kabupaten Lumakang, Atok Hasan Sanusi menyampaikan pihaknya akan membantu proses perbaikan rumah secara menyeluruh  melalui dana pos darurat. "Sesegera mungkin akan kita tindak lanjuti, termasuk bantuan perbaikan rumah khususnya perbaikan atap secara total," jelasnya.

 

Menurut RT setempat, Dulasip kejadian kebakaran yang menimpa rumah Jumailah terjadi malam hari saat beberapa warga termasuk Jumailah tengah mengikuti kegiatan Dasawisma. Dulasip menjelaskan kebakaran tersebut akibat lilin yang membakar alas, sehingga menjalar kebagian rumah yang mudah terbakar. "yang punya waktu kejadian sedang ikut dasawisma, kebetulan pada malam itu listrik padam, terus menyalakan lilin," terang Dulasip.

 

Kebakaran tersebut juga menjalar ke rumah tetangga sehingga mengakibatkan satu bagian ruang yang turut terbakar.

 

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Lumajang juga sudah menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar darurat yang meliputi makanan siap saji, vitamin, obat-obatan keluarga, peralatan makan, selimut, dan terpal.